Kepala Staf Kodim 0712 Tegal Tutup TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Kesamiran Kecamatan Tarub

 


Tegal - Rangkaian kegiatan penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2024 “Dharma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah” di Desa Kesamiran, Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal, Jumat (07/06/2024). Kegiatan penutupan tersebut dihadiri oleh Forkopimda, Jajaran Kepala OPD, Forkopincam, serta masyarakat Desa Katong.

Kegiatan penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2024 didahului dengan penyerahan peralatan kerja dan penandatanganan naskan penutupan TMMD oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0712/Tegal yang mewakili Dandim 0712/Tegal Kepada Staf Ahli Hukum Kab. Tegal yang mewakili Pj. Bupati Tegal menandai bahwa kegiatan TMMD Sengkuyung tahap II telah selesai dan siap digunakan untuk masyarakat.

Dandim 0712/Tegal yang diwakili Kepala Staf Kodim 0712/Tegal Mayor Inf Nurohmat, S.Ag. membacakan amanat Panglima Kodam IV/Diponegoro bahwa program TMMD yang dilaksanakan selama lebih dari delapan dekade ini merupakan salah satu Program Bakti TNI untuk membantu pemerintah daerah dalam percepatan program pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan dan di daerah terpencil.

Kita bersyukur kepada Tuhan atas kesehatan dan kekuatan yang diberikan untuk mengikuti upacara Penutupan TMMD Reguler Ke-120 dan Sengkuyung Tahap II TA 2024 dilaksanakan di setiap Kabupaten/Kota wilayah Kodam IV/Diponegoro. Program TMMD membantu percepatan pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur di pedesaan dan daerah terpencil. Kodam IV/Diponegoro membutuhkan dukungan semua pihak dalam pelaksanaan program ini.

Ucapan terima kasih kepada para Bupati/Wali Kota, Forkopimda, pejabat dinas OPD terkait, anggota TNI-Polri, dan warga masyarakat yang turut serta dalam program TMMD. Para Tamu Undangan dan Peserta Upacara di TMMD Reguler ke-120 tahun 2024 dengan tema "Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah". TNI, Pemerintah Daerah, Polri, dan masyarakat bekerja sama untuk mendukung pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk pengabdian TNI bersama seluruh unsur di wilayah bekerja sama untuk membantu pembangunan di beberapa Kabupaten seperti Wonosobo, Sukoharjo, Banjarnegara, dan Semarang.

Kodam IV/Diponegoro menggelar program TMMD Reguler ke-120 dan TMMD Sengkuyung untuk mempercepat pembangunan secara merata dan menyeluruh. Pekerjaan fisik yang berhasil diselesaikan meliputi pembangunan rabat beton, jalan, jembatan, talud jalan, serta rehab masjid dan pos Siskamling. Sementara itu, sasaran non fisik mencakup sosialisasi.

 

Kegiatan non fisik meliputi penyuluhan kesehatan, penurunan stunting, penyuluhan Posyandu dan Posbindu, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan swasembada pangan dan sosialisasi penanggulangan bencana alam merupakan fokus kegiatan. Program unggulan yang dilaksanakan meliputi program pompanisasi, penanaman pohon, pembersihan pasar dan sungai, Rehab RTLH, pembuatan sumur bor, pembagian sembako, program ketahanan pangan, dan Rehab masjid.

Kepada para Dansatgas TMMD, segera lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada program TMMD mendatang.

Demikian amanat saya pada kali ini.  Akhirnya dengan mengucap “Alhamdulillahirabbil'alamin”, Program TNI Manunggal Membangun Desa Reguler ke-120 dan Sengkuyung Tahap II TA 2024, saya nyatakan secara resmi “ditutup”.

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi kita sekalian dalam mengabdi kepada bangsa dan negara yang kita cintai bersama. (pendimtegal)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dandim 0712 Tegal Sambut Baik Siswa Seskoad Saat Berkunjung Ke Kodim 0712 Tegal

Sukseskan Pilkades, Danramil Suradadi Hadiri Simulasi

Dukung Program Ketahanan Pangan, Babinsa Koramil 14 Slawi Kodim Tegal Dampingi Pompanisasi