Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2024 Di Wilayah Kota Tegal

 


Tegal - Pada hari Jum'at tanggal 7 Juni 2024 pukul 08.00 s.d 08.30 WIB di Halaman UPPD Samsat Kota Tegal Jl. Kapten Sudibyo Kel. Debong Lor Kec. Tegal Barat Kota Tegal telah dilaksanakan Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2024 di Wilayah Kota Tegal, bertema Dharma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah, dengan Irup Komandan Kodim 0712/Tegal Letkol Inf. Suratman, S. IP., M.I.P, Danup Danramil 06/ Kramat Kapten Inf Antonius Joko Santoso, Paup Ws. Pasi Pers Kodim 0712/Tegal Kapten Inf Kiswendi dan diikuti lk 300 orang.

Hadir dalam kegiatan diantaranya Sekda Kota Tegal drg. Agus Dwi Sulistyantono, M.M mewakili PJ. Walikota, Dandim 0712/Tegal Letkol Inf. Suratman, S.IP., M.I.P, Palaksa Lanal Tegal Mayor Laut (P) Nurofik mewakili Danlanal, Kasimatud Satradar 214/Tegal Kapten Lek Sihombing mewakili Dansatradar, Dandema Brigif 4/DR Kapten Inf Chandra mewakili Danbrigif, Kabagren Polres Tegal Kota Kompol Hartoyo, SH mewakili Kapolres, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kota Tegal Ariefullah, S.H., M.H mewakili Kajari, Staf Ahli, Asisten dan Kepala OPD di lingkungan Pemkot Tegal, Camat dan Lurah se-Kota Tegal.

Susunan Peserta Upacara diantaranya Korsik Kodim 0712/Tegal, 1 SST Kodim 0712/Tegal dan Satdisjan, 1 SST Lanal Tegal, 1 SST Polres Tegal Kota, 1 SST Satpol PP Kota Tegal, 1 SST Korpri Kota Tegal, 1 SST Linmas Kota Tegal, 1 SST Pemuda Pancasila (PP) Kota Tegal, 1 SST Masyarakat Kel. Pekauman Kota Tegal, 1 SST Pelajar SMA Kota Tegal, 1 SST Kwarcab Pramuka Kota Tegal, 1 SST Pelajar SMP Kota Tegal.

Amanat Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Deddy Suryadi, S.I.P., M.Si yang dibacakan oleh Inspektur Upacara letkol inf Suratman, sip., mip menyampaikan Pertama-tama marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, karena hanya atas limpahan rahmat dan ridho-Nya, pada hari ini kita masih diberikan kesehatan dan kekuatan, sehingga dapat mengikuti upacara Penutupan TMMD Reguler Ke-120 dan Sengkuyung Tahap II TA 2024 di masing- masing kabupaten/kota wilayah Kodam IV/Diponegoro, dalam keadaan sehat wal'afiat dan dengan suasana penuh kebersamaan serta kekeluargaan.

Perlu saya sampaikan bahwa Program TMMD yang telah diselenggarakan selama lebih dari delapan dekade ini merupakan salah satu Program Bakti TNI yang difokuskan untuk membantu Pemerintah daerah dalam percepatan program pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur bagi masyarakat, khususnya yang tinggal di pedesaan dan di daerah- daerah terpencil.

Kami menyadari bahwa TNI, dalam hal ini Kodam IV/Diponegoro, tidak dapat bergerak sendiri melaksanakan program ini dan senantiasa membutuhkan dukungan semua pihak. Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini, saya mengucapkan terima kasih kepada para Bupati/Wali Kota beserta jajaran Forkopimda, pejabat dinas OPD terkait, anggota TNI-Polri setempat, dan segenap warga masyarakat yang selama kurang lebih satu bulan bersama TNI, dengan penuh semangat dan bahu-membahu untuk menuntaskan program- program TMMD di masing-masing lokasi.

TMMD Reguler ke-120 Tahun 2024 kali ini mengambil tema "Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah". Tema ini mengandung makna bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah, Polri, dan masyarakat secara bersama-sama mendukung percepatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk pengabdian TNI bersama seluruh unsur di wilayah kepada bangsa dan negara.

Pada program Tahap II TA 2024 kali ini, Kodam IV/Diponegoro menggelar TMMD Reguler ke-120 di beberapa Kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo, Sukoharjo, Banjarnegara, dan Semarang. Selain empat kabupaten tersebut, seluruh Kodim di jajaran Kodam IV/Diponegoro juga menyelenggarakan TMMD Sengkuyung sebagai wujud tekad Kodam IV/Diponegoro dalam membantu percepatan pembangunan di daerah secara merata dan menyeluruh.

Pada penyelenggaraan TMMD tahap ini telah berhasil diselesaikan pekerjaan sasaran fisik seperti pembangunan rabat beton, pembangunan jalan, pembangunan jembatan, pembangunan talud jalan, Rehab masjid dan pos Siskamling. Sementara itu untuk sasaran non fisik meliputi sosialisasi penegakan Perda, penyuluhan kesehatan dan penurunan stunting, penyuluhan Posyandu dan Posbindu, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan swasembada pangan dan sosialisasi penanggulangan bencana alam.

Selanjutnya juga dilaksanakan sasaran yang menjadi program unggulan Bapak Kepala Staf Angkatan Darat yang meliputi program pompanisasi, penanaman pohon, pembersihan pasar dan sungai, Rehab RTLH, pembuatan sumur bor, pembagian sembako, program ketahanan pangan dan Rehab masjid. pada kesempatan yang baik ini, sekali lagi saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah bekerja secara maksimal sehingga sasaran fisik maupun non fisik TMMD dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Selanjutnya, sebelum mengakhiri amanat ini, saya sampaikan beberapa perhatian sebagai berikut, Pertama. Kepada para prajurit TNI, jaga selalu nama baik TNI dengan memedomani8 Wajib TNI demi mempererat dan memperkokoh kemanunggalan TNI dan Rakyat. Setelah kegiatan TMMD ini selesai, segera kembalike satuan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan. Kedua. TMMD Manfaatkan momentum secara optimal dengan melaksanakan kegiatan di masing-masing wilayah seperti olahraga, seni budaya dan agama. Ketiga. Jaga dan pelihara hasil program TMMD agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang. Keempat. Kepada para Dansatgas TMMD, segera lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada program TMMD mendatang.

Demikian amanat saya pada kali ini. Akhirnya dengan mengucap "Alhamdulillahirabbil'alamin", Program TNI Manunggal Membangun Desa Reguler ke-120 dan Sengkuyung Tahap II TA 2024, saya nyatakan secara resmi "Ditutup". Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi kita sekalian dalam mengabdi kepada bangsa dan negara yang kita cintai bersama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dandim 0712 Tegal Sambut Baik Siswa Seskoad Saat Berkunjung Ke Kodim 0712 Tegal

Sukseskan Pilkades, Danramil Suradadi Hadiri Simulasi

Dukung Program Ketahanan Pangan, Babinsa Koramil 14 Slawi Kodim Tegal Dampingi Pompanisasi